Istilah-istilah Dibulan Suci Ramadhan Terlengkap

Puasa, buka puasa, tarawih, tadarusan, sahur, ngabuburit, bukber, takjil, imsak, zakat fitrah, shalat witir, i'tikap, malam lailatul qadar, qiyamul la
Mediaweb4u-Assalamualaikum wr. wb? Selamat malam para pengunjung dimana saja anda berada semoga selalu dalam keadaan sehat wal-afiat, amin.
Alhamdulilah kita sudah 5 hari berpuasa, dan besok ke 6 harinya....semoga sampai selesai full puasanya, amin. Pada kesempatan malam ini mediaweb4u akan shere mengenai "Daftar istilah populer Dibulan Suci Ramadhan". Banyak sekali istilah-istilah di bulan suci ramadhan ini sob, mulai dari Puasa, buka puasa, tarawih, tadarusan, sahur, ngabuburit, bukber, takjil, imsak, zakat fitrah, shalat witir, i'tikap, malam lailatul qadar, qiyamul lail, nujul qur'an, takbiran, mudik, pesantren kilat, thr, idul fitri/ lebaran, ziarah kubur, dll.


Baiklah sobat, kita artikan satu persatu

1. Puasa
Puasa adalah menahan diri dari kegiatan makan, minum dan kegiatan lain yang dapat membatalkan puasa, Puasa ini merupakan rukun islam yang ke 4 dan Waktu pelaksanaan puasa ialah dimulai ketika Matahari terbit di waktu fajar hingga matahari terbenam.
puasa ini banyak sekali macamnya, ada puasa wajib dan puasa sunah.
puasa wajib ialah puasa dibulan ramadhan ini, puasa nazar dan puasa kifarat sedangkan puasa sunah ialah puasa syawal, puasa dzulhijjah, puasa arafah, puasa tarwiyah, puasa senin dan kamis, puasa nabi daud dan puasa ‘asyura atau puasa muharram.

2. Buka Puasa/ Iftar
Buka Puasa/ Iftar ialah membatalkan puasa dengan makan/ minum saat waktu maghrib tiba.

3. Tarawih & Witir
Sholat tarawih adalah ibadah sunah yang dilakukan pada malam hari setelah sholat Isya selama bulan Ramadhan, Sholat sunah ini dikerjakan 20 raka'at dan ditutup dengan sholat witir sebanyak 3 raka'at, jadi 23 rakaat.

4. Tadarusan
Tadarus diartikan membaca Al-Qur’an bersama-sama, Ada yang membaca dan ada yang menyimak Dikutip dari laman Universitas Haji Sumut, tadarus secara bahasa berasal dari asal kata darosa-yadrusu yang berarti mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji, dan mengambil pelajaran. Lalu ditambahkan huruf ta' di depannya sehingga menjadi tadaarosa-yatadaarosu. Maknanya bertambah menjadi saling belajar atau mempelajari secara lebih mendalam.

5. Sahur
Sahur dari bahasa Arab: ุณุญูˆุฑ yaitu kegiatan makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari, antara jam 2 sampai imsak.

6. Ngabuburit
Ngabuburit berasal dari bahasa sunda yang artinya menunggu waktu buka puasa tiba, aktifitas ngabuburit ini bermacam-macam, ada yang mancing ikan, mengikuti pengajian, tadarusan, baca buku, momotoran, dll

7. Bukber
Bukber ialah kepanjangan dari buka bersama, ialah kegitan berbuka puasa dengan teman, dengan kerabat kerja, dst. biasanya pergi ke suatu tempat makan. 

8. Takjil
Takjil ialah makanan manis seperti kolak pisang, sop buah, es campur, dan lain sebagainya. biasanya menjelang berbuka puasa umat muslim saling berbagi takjil ini.

9. Imsak
Imasak ialah saat dimulainya tidak boleh melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa, seperti makan, minum, dll.

10. Zakat fitrah
 Zakat fitrah Dikutip dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri.


Sebagaimana hadist Ibnu Umar ra,
"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu,membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan.

11. I'tikap
Itikaf merupakan kegiatan amalan berdiam diri di masjid dan melakukan kegiatan amalan lainnya di dalam masjid seperti tadarus Al-Qur’an hingga qiyamulail shalat malam.

12. Lailatul Qadar
Lailatul Qadar berasal dari kata lailah yang artinya malam dan qadar yang artinya mulia.
Jadi lailatul qodar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al-Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

13. Qiyamul lail
Qiyamul lail merupakan sholat sunah malam yang sangat dianjurkan pengerjaannya. Sholat ini merupakan sholat sunah malam yang selalu dikerjakan oleh hamba-hamba Allah SWT yang shalih.

14. Nujul Qur'an
Nuzulul Qur'an adalah malam diturunkannya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara Malaikat Jibril sebagai awal dari turunnya ayat-ayat Al-Qur'an.

15. Takbiran
Takbiran menurut KBBI, takbiran adalah pujian kepada Allah SWT dengan menyerukan takbir yaitu Allahu Akbar.


Nah dibawah ini lafadz takbir hari raya idul fitri

ุงَู„ู„َّู‡ُ ุงَูƒْุจَุฑْ ุงَู„ู„َّู‡ُ ุงَูƒْุจَุฑ ุงَู„ู„َّู‡ُ ุงَูƒْุจَุฑْ ู€ ู„ุขุงِู„َู‡َ ุงِู„ุงَّ ุงู„ู„َّู‡ُ ู€ ุงَู„ู„َّู‡ُ ุงَูƒْุจَุฑْ ุงَู„ู„َّู‡ُ ุงَูƒْุจَุฑْ ูˆَู„ِู„َู‡ِ ุงู„ْุญَู…ْุฏُ ุงَู„ู„َّู‡ُ ุงَูƒْุจَุฑْ ูƒَุจِูŠْุฑًุง ูˆَุงู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ِู„َّู‡ِ ูƒَุซِูŠْุฑًุง ูˆَุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุจُูƒْุฑَุฉً ูˆَุงَุตِูŠْู„ุงً ู€ ู„ุข ุงِู„َู‡َ ุงِู„ุงَّ ุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَู„ุงَู†َุนْุจُุฏُ ุงَู„ุงَّ ุงِูŠَّุงู‡ُ ู…ُุฎْู„ِุตِูŠْู†َ ู„َู‡ُ ุงู„ุฏِّูŠْู†َ ูˆَู„َูˆْูƒَุฑِู‡َ ุงู„ْูƒَุงูِุฑُูˆْู†َ ู„ุขุงِู„َู‡َ ุงِู„ุงَّ ุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَุญْุฏَู‡ُ ุตَุฏَู‚َ ูˆَุนْู€ุฏَู‡ُ ูˆَู†َุตَุฑَุนَุจِุฏَู‡ُ ูˆَุงَุนَุฒَّ ุฌُู†ْุฏَู‡ُ ูˆَู‡َุฒَู…َ ุงู„ْุฃَุญْุฒَุงุจَ ูˆَุญْุฏَู‡ُ ู„ุข ุงِู„َู‡َ ุงِู„ุงَّ ุงู„ู„َّู‡ُ . ุงَู„ู„َّู‡ُ ุงَูƒْุจَุฑْ ุงَู„ู„َّู‡ُ ุงَูƒْุจَุฑْ ูˆَู„ِู„َู‡ِ ุงู„ْุญَู…ْุฏُ 


Bacaan latin
Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar Allaahu akbar walillaahil hamd Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar Allaahu akbar kabiiraa walhamdulillaahi katsiiraa wasubhaanallaahi bukrataw wa ashillaa Laa ilaaha illallallahu walaa na'budu illaa iyyaahu Mukhlishiina lahuddiin Walau karihal kaafiruun Walau karihal munafiqun Walau karihal musyrikun Laa ilaaha illallaahu wahdah, shadaqa wa'dah, wanashara 'abdah, wa a'azza jundah, wahazamal ahzaaba wahdah Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar Allaahu akbar walillaahil hamd 

Artinya:
Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar Tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Allah dan Allah Mahabesar Allah Mahabesar dan segala puji hanya bagi Allah Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar Allah maha besar dengan segala kebesaran Segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan sore Tiada Tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam meskipun orang kafir, munafik, dan musyrik membencinya. Tiada Tuhan selain Allah dengan keesaan-Nya. Dia menepati janji, menolong hamba, dan memuliakan bala tentara-Nya serta melarikan musuh dengan keesaan-Nya. Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar. Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah.

16. Mudik
Mudik dilansir dari wikipedia Kata Mudik (oleh KBBI disinonimkan dengan istilah pulang kampung) adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk pulang ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya menjelang Idul Fitri. 
Sudah 3 kali lebaran kita tidak bisa mudik karna Covid 19, Insya Allah tahun ini kita bisa mudik dan bisa berkumpul di kampung halaman dengan keluarga, teman sejak kecil, dst.

17. Pesantren Kilat
Pesantren Kilat Kegiatan pesantren kilat merupakan agenda yang biasa dilaksanakan oleh sekolah atau lembaga pembelajaran tertentu. Diikuti oleh siswa, acara ini biasa diisi dengan pendalaman materi agama dan mengisi waktu kosong di bulan puasa.

18. THR
THR kepanjangan dari Tunjangan hari raya adalah pendapatan nonupah yang wajib dibayarkan pemberi kerja kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya idul fitri, THR ini wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya idul fitri. 

Berdasarkan Pasal 79 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021, perusahaan akan dikenakan sanksi apabila tidak memberikan THR kepada pekerjanya. Sanksi itu bertingkat mulai dari teguran hingga pembekuan operasional.

19. ldul Fitri/ Lebaran
Idul Fitri adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriah, di indonesia disebut juga dengan Lebaran

20. Ziarah Kubur
Ziarah kubur dilansir dari mediacenter memiliki arti mengunjungi makam orang yang sudah meninggal. Para penziarah turut mendoakan orang yang sudah tiada dengan membaca tahlil, selawat, atau surah-surah dalam Al-Qur’an.

LihatTutupKomentar
Cancel

Terma kasih sudah berkunjung ke ke mediaweb4u, mohon berkomentar sesuai tema artikel dan jangan sertakan link aktif