Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan, kulit manggis, jual kulit manggis
Mediaweb4u-Kulit manggis adalah bagian dari buah manggis yang seringkali diabaikan dan dibuang, namun ternyata mengandung banyak senyawa bioaktif yang memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Dikutif dari website Pemkab Purwerejo Manggis ini mempunyai ciri-ciri tinggi pohon 10-15 meter, lebar 3-4 meter, warna batang kecoklatan, kedudukan daun mendatar ujung dan melengkung ke bawah, warna benang sari putih kekuningan, bentuk buah warna kulit buah merah tua sampai dengan ungu, warna daging buah putih, sifat buah kenyal dan mudah dibuka, bobot buah 100-125 gram per buah, jumlah siung/buah : 4-8 siung, rasa daging buah manis keasaman (segar). 


Buah manggis ini paling banyak berasal dari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah.


Beberapa manfaat kulit manggis yang telah diketahui antara lain:

1. Antioksidan yang kuat
Kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang merupakan antioksidan alami yang kuat. Antioksidan bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

2. Anti-inflamasi
Senyawa xanthone yang terdapat dalam kulit manggis juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada tubuh.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kulit manggis mengandung senyawa polisakarida dan flavonoid yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

4. Menurunkan risiko kanker
Senyawa xanthone dalam kulit manggis telah diteliti untuk memiliki potensi dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

5. Menurunkan kadar gula darah
Kulit manggis dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Hal ini karena senyawa xanthone dalam kulit manggis dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada sel-sel tubuh.

6. Meningkatkan kesehatan kulit
Kulit manggis juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen adalah protein penting yang membantu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

7. Membantu menurunkan berat badan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa xanthone dalam kulit manggis dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak tubuh.

Jika anda mau beli manggis namun tidak ada didaerah anda, anda bisa membelinya di Lazada, ini link nya, klik aja https://s.lazada.co.id/s.9BvvK?cc

Klo mau yang sudah dikemas dengan kapsul ini https://s.lazada.co.id/s.9BvDU?cc atau 

Ada juga yang sudah menjadi produk herbal

Namun, perlu diingat bahwa penelitian tentang manfaat kulit manggis masih terbatas dan masih membutuhkan lebih banyak bukti ilmiah untuk membuktikan efektivitasnya. Selain itu, kulit manggis juga mengandung senyawa-senyawa yang dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, sehingga sebaiknya konsultasikan penggunaannya dengan dokter terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
LihatTutupKomentar
Cancel

Terma kasih sudah berkunjung ke ke mediaweb4u, mohon berkomentar sesuai tema artikel dan jangan sertakan link aktif