Pentingnya Sayur-Sayuran Bagi Tubuh Kita

sayuran, kesehatan dengan alami, Pentingnya Sayur-Sayuran Bagi Tubuh Kita,kandungan gizi dan protein dalam sayuran,vegetable,sayur mayur,mengkonsumsi sayuran,sayuran non pestisida
Mediaweb4u-Selamat malam para pembaca dimana saja anda berada, semoga tak ada yang berkurang segala sesuatunya, Amin. Pada postingan yang yang lalu saya sudah shere tentang Cara Daftar Adsense Agar di Terima/ di Approve dan Rumus Ungkapan Penyesalan Dan Kekecewaan Dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat saja, amin. 

Dan pada kesempatan malam ini saya akan berbagi lagi tentang kesehatan, lebih spesifiknya "Pentingnya sayur-sayuran bagi kesehatan tubuh kita", Sayuran telah dimanfaatkan sejak ribuan tahun yang lalu untuk dikonsumsi dan diolah secara alami tanpa menggunakan campuran apapun. kandungan zat gizi seperti vitamin dan mineral terbanyak bersumber dari sayuran. Syuran daun berwarna gelap seperti bayam, katuk, dan atau sayuran berwarna kuning/ orange seperti wortel, kentang, tomat, labu kuning, dan lain-lain. ternyata kaya vitamin A. Vitamin ini berfungsi mempertahankan kesehatan mata, struktur kulit, rambut dan gigi. Sayur juga kaya vitamin E.Vitamin E banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau (bayam) dan tomat. Sayur yang kaya vitamin E mampu mencegah terjadinya penyakit jantung, kangker, stroke, dan infeksi virus. Tidak hanya itu, Sayuran juga banyak mengandung vitamin C, Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, kesehatan gusi, dan mencegah terjadinya luka memar. Dalam sayuran, vitamin C banyak terdapat pada tomat.

Dalam sebuah tulisannya Dra Emma S. Wirakusumah, MSc. mengungkapkan, bahwa dari berbagai riset menunjukan sayuran selain sarat vitamin dan mineral juga mengandung zat non-gizi yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain serat, phytokimia, dan lain-lain.
Selain sayuran hijau, sayuran biru, ungumerah, coklat, kuning dan bahkan putih pun baik untuk kesehatan. Hal ini disebabkan oleh fitokimia, yaitu zat yang memberi warna pada buah dan sayuran.
Senyawa alami ini tidak hanya melindungi tumbuhan, tetapi juga memberikan manusia perlindungan dari berbagai penyakit, mulai dari kangker, anti-penuaan, penyakit jantung, gangguan penglihatan, dan lainnya. Phytokimia juga menetralkan racun obat dan zat karsinogen dengan jalan menetralkan radikal bebas, menghambat enzim yang mengaktifkan karsinogen, sekaligus merangsang enzim yang menetralkan zat karsinogen. Sayuran yang mengandung phytokimia diantaranya bayam, kangkung, brokoli, sawi, kacang-kacangan, tomat, wortel, dan lain-lain.

Karena sayuran berwarna mengandung ratusan jenis fitokimia yang berbeda, tidak ada satu kelompok warna yang mempunyai fungsi lebih lengkap dibandingkan dengan lainnya. Dengan mengkonsumsi semua kelompok warna sayuran; biru, ungu, hijau, putih, kuning atau oranye, dan merah anda mendapatkan perlindungan kesehatan yang paling luas.

Sayuran juga merupakan sumber mineral yang baik, Selama dalam proses pertumbuhan, sayuran menyerap banyak mineral dari tanah. Selanjutnya mineral-mineral dalam sayuran tersebut masuk ke dalam tubuh karena kita memakannya. Beberapa mineral penting yang terkandung dalam sayuran adalah kalsium, fosfor, besi, dan kalium. Kalium banyak terdapat pada sayuranberwarna kuning, sedangkan kalsium diantaranya terdapat pada sawi.

Nah itu saja shering ku tentang "Mengapa Kita Memerlukan Sayuran?, Smoga bermanfaat saja, amin.
LihatTutupKomentar